Thursday, June 12, 2014

Simpan Ponsel di Saku Celana Merusak Kualitas Sperma

Simpan Ponsel di Saku Celana Merusak Kualitas SpermaMENYIMPAN ponsel di saku celana bisa memudahkan Anda mengangkat panggilan telefon. Namun, penelitian terbaru menunjukan kebiasaan ini bisa merusak kualitas sperma pria.
 
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental International menunjukan, pria yang tidak sengaja menyimpan ponsel di celana membuat kualitas sperma jadi menurun. Untuk mendapatkan hasil temuan tersebut, para peneliti dari University of Exeter melakukan kajian 10 studi sistematis dengan peserta  1.492 pria.  Data ini didapat dari hasil mengunjungi klinik kesuburan, juga pusat-pusat penelitian, dan kemudian memeriksa sampel sperma mereka.
 
Dalam teknis penelitiannya, para peneliti mengukur kualitas sperma berdasarkan tiga pungukuran yakni motilitas (kemampuan sperma bergerak untuk proses pembuahan), kelangsungan hidup (jumlah sperma yang hidup dalam sampel), dan konsentrasi (jumlah sperma perunit air mani).
 
Setelah masa penelitian selesai, para peneliti menemukan bahwa kelompok  pria memiliki 50 sampai 80 persen dari mortilitas sperma yang normal. Namun, rata-rata kualitasnya menurun sebesar delapan persen saat pria  memiliki kebiasaan menyimpan ponsel di saku celana. Tidak sampai disitu, penurunan itu juga terlihat pada kelangsungan hidup sperma, sementara efek pada konsentrasi sperma belum ada hasil.
 
Menurut penelitian sebelumnya, alasan ponsel bisa menurunkan kualitas sperma mungkin  frekuensi radio radiasi elektromagnetik (RF-EMR) yang dipancarkan  ponsel memiliki efek merugikan kesuburan pria. Dengan hasil penelitian ini, para peneliti diseluruh dunia diharapkan bisa terinspirasi untuk melakukan penelitian lanjutan.
 
"Studi ini dengan kuat  menunjukkan, terkena frekuensi radio radiasi elektromagnetik akibat menyimpan ponsel di saku celana berefek buruk pada kualitas sperma," kata Dr Fiona Matthews, profesor biosciences di Universitas Exeter, seperti dilansir Foxnews.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment