Tuesday, June 10, 2014

Seumur Hidup, Tiap Orang Berpeluang 4 Kali Kena DBD

Seumur Hidup, Tiap Orang Berpeluang 4 Kali Kena DBDSAAT cuaca ekstrem seperti sekarang, demam berdarah menjadi salah satu ancaman. Bahkan bagi mereka yang sudah pernah terkena wabah penyakit lewat gigitan nyamuk ini.

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini ditularkan oleh nyamuk dan bersifat epidemik atau dapat ditularkan antar manusia.

DBD sendiri sudah sejak lama menjadi penyakit menular di Indonesia. Namun, masih banyak anggapan masyarakat yang salah mengenai penyakit DBD. Misalnya, bila seseorang sudah pernah terkena wabah DBD, maka selanjutnya akan kebal terhadap wabah penyakit tersebut. Benarkah demikian?

Dr dr Leonard Nainggolan, Sp.PD-KPTI dari RSCM menegaskan bahwa seseorang yang sudah pernah terkena DBD bukan berarti akan kebal terhadap penyakit tersebut seumur hidup. "Virus dengue terdiri dari empat jenis, yakni D-1, D-2, D-3, dan D-4. Misalnya, seseorang terkena virus D-1, maka antibodi yang terbentuk akibat D-1 hanya mampu menetralisir virus dengue 1, tidak bisa menetralisir virus D-2, D-3, dan D-4," jelasnya pada workshop Soho Global Health bertema "Waspadai Kebocoran Plasma saat DBD" di Artotel Hotel Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (10/6/2014).

Demikian juga bila seseorang pernah terkena virus dengue D-3, maka antibodi yang terbentuk hanya mampu menetralisir virus D-3. Jadi, kalau sewaktu-waktu orang tersebut terkena virus D-1, D-2, dan D-4, maka orang tersebut tidak akan kebal

"Sehingga, berapa kali peluang seseorang terkena demam berdarah seumur hidupnya? Tentu empat kali," tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment