Thursday, June 12, 2014

Setelah Dibeli, Segera Cuci Pakaian Bayi

Setelah Dibeli, Segera Cuci Pakaian BayiBANYAK orangtua lupa mencuci pakaian bayi yang baru saja mereka beli. Padahal, ada berbagai kandungan berbahaya pada pakaian bayi.

Menurut Kepala Bidang Pengujian, Sertifikasi, dan Kalibrasi Balai Besar Tekstil, Quri Siti Mirah DPS, mencuci pakaian bayi yang baru dibeli setidaknya bisa mengurangi kadar zat berbahaya dalam materialnya.

"Sebaiknya dicuci dulu sebelum dipakai. Ini bisa menghilangkan kadar zat berbahaya, seperti formaldehida," katanya saat berbincang dengan Okezone pada acara bertajuk ?Velvet Junior Health : Awas Musuh dalam Pakaian Bayi" di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Meski demikian, Quri mengakui jika zat berbahaya yang menempel tidak bisa hilang secara langsung, melainkan bertahap. Apalagi, jika kadarnya termasuk tinggi. (Baca: Waspada Zat Berbahaya saat Beli Pakaian Bayi)

"Untuk pencucian berapa kali tergantung kadarnya. Kalau waktu beli saja sudah tinggi, mungkin pencucian bisa di atas dua kali," terangnya.

Untuk cara pencuciannya sendiri, imbuh Quri, tidak ada perbedaan. Termasuk, soal air ataupun deterjen yang digunakan.

"Dicuci dengan air biasa saja dan deterjennya juga tidak beda dengan yang lain," terangnya.

Seperti diketahui, berbagai zat berbahaya ditemukan pada produk pakaian bayi. Diantaranya Azo dengan sifat carsinogenic, folmaldehida serta logam yang terekstrasi pada pakaian bayi.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment