Tuesday, June 10, 2014

Serumah dengan Pasien DBD, Mungkinkah Tertulari?

Serumah dengan Pasien DBD, Mungkinkah Tertulari?ADA kekhawatiran mengenai penularan virus demam berdarah dengue (DBD). Salah satunya, seseorang akan mudah tertular bila satu rumah dengan orang terinfeksi DBD. Benarkah demikian?

Dr dr Leonard Nainggolan, Sp.PD-KPTI, dari RSCM mengatakan bahwa tidak perlu khawatir akan tertular saat berada dalam satu ruangan dengan orang terkena virus demam berdarah. Dengan catatan, tidak ada nyamuk sebagai media atau vektor yang akan menularkannya.

"Tetapi, persoalannya, satu orang saja terkena demam berdarah dan ada vektor atau perantaranya, itu bisa menularkan ke mana-mana," katanya Pada workshop Soho Global Health bertema "Waspadai Kebocoran Plasma saat DBD" di Artotel Hotel Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (10/6/2014).

Menurut Dr Leonard, nyamuk Aedes aegypti memiliki sifat multiple bite, yakni menggigit selama beberapa hari sampai kenyang. Jadi, bila nyamuk ini menggigit seseorang tetapi belum kenyang, maka akan mencari orang lain untuk digigit.

"Sehingga, tidak aneh kalau di dalam satu rumah bisa satu sampai dua orang kena DBD karena radiusnya juga tidak melebihi 100 meter persegi," simpulnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment