Wednesday, June 18, 2014

Sederet Faktor Dekatkan Anda pada Kanker Getah Bening

Sederet Faktor Dekatkan Anda pada Kanker Getah BeningKABAR Olga Syahputra mengidap kanker getah bening mengejutkan banyak pihak. Ternyata, penyakit ini bisa berisiko terhadap siapapun.

Menurut dr Walta Gautama, SpB(K)Onk dari Departemen Surgical Oncology RS Kanker Dharmais, kanker kelenjar getah bening disebabkan interaksi multifaktor. Lantas, apa saja faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker tersebut?

"Usia di atas 60 tahun, pria, infeksi epstein barr virus, paparan zat-zat kimia, seperti benzene, insektisida, herbisida," katanya dalam surat elektronik yang diterima Okezone, Rabu, 18 Juni 2014.

Faktor risiko lain yakni adanya paparan radiasi. Selain itu, penyakit autoimun yang menyerang tubuh.

"Paparan radiasi, penyakit autoimun (misalnya penyakit lupus), dan banyak makan makanan berlemak," terangnya. (Baca: Hindari kanker getah bening, amati benjolan tak wajar)

Penyakit kelenjar getah bening sendiri merupakan kanker yang berasal dari sel kelenjar getah bening yang terdapat di berbagai bagian tubuh, sebagai bagian dari sistem imunitas. Sel kelenjar getah bening membelah tak terkendali sehingga terbentuk kanker.  Terdapat dua jenis kanker kelenjar getah bening, yaitu limfoma hodgkin (jarang terjadi) dan limfoma non hodgkin (lebih sering terjadi). Kabar Olga menderita kanker getah bening atau limfoma tersiar lewat kabar berantai yang disampaikan psikolog Tika Bisono lewat pesan BlackBerry Messenger.
 
"Info dr relawan kanker RSPP Yanthi Razalie : Rekan2 Yth, Tolong bantu mendoakan OLGA SYAHPUTRA yang sedang terkena KANKER Getah Bening Stadium 4 sudah menyerang ke otak dan selama sebulan ini koma sesudah menjalani kemo di RS Mount Elizabeth Singapore. Semoga ALLAH memberikan Yang Terbaik untuk Olga Syahputra, dimudahkan jalannya, dilancarkan urusannya, diredakan sakitnya, diringankan bebannya, dan jika saatnya tiba bisa khusnul khotimah, aamiiin yra. Terima kasih Salam Tika Bisono," begitu bunyi BBM tersebut.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment