Wednesday, June 4, 2014

Ramuan & Teknik Alami agar Produksi ASI Melimpah

Ramuan & Teknik Alami agar Produksi ASI MelimpahSETIAP ibu, khususnya yang baru melahirkan, selalu khawatir akan ketersediaan pasokan ASI untuk si kecil. Beberapa cara mampu menambah pasokan ASI Anda paska melahirkan.
 
Jangan putus ataupun menyerah saat hanya sedikit ASI yang keluar. Pasalnya, ada cara alami yang bisa diandalkan untuk bisa meningkatkan pasokan ASI. Tidak percaya? Berikut ulasan menariknya, seperti dilansir Healthmeup.


Memijat payudara dengan kain hangat
 
Sirkulasi darah kurang lancar merupakan penyebab kurangnya produksi susu. Untuk mengatasi kondisi itu, kompreslah payudara Anda dengan air hangat sebelum menyusui anak. Caranya, mulailah dengan memijat payudara Anda selama sekira lima menit sebelum mulai menyusui. Kemudian, celupkan kain dalam air hangat dan pijat payudara Anda lagi dengan lembut. Lakukan selama sekira 10 menit, baru kemudian Anda bisa menyusui anak.


Mengonsumsi makanan sehat
 
Diet pasca kehamilan bisa mengurangi secara drastis produksi ASI. Jadi, pastikan Anda cukup makan dan minum banyak air putih untuk menjaga pasokan ASI. Selain itu, jangan mengonsumsi makanan sembarangan karena bisa menurunkan produksi ASI. Di samping itu, upayakan rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar karena kedua komponen itu akan membantu produksi ASI Anda.


Minum air rendaman biji fenugreek (methi)
 
Biji Fenugreek sudah dipakai sejak zaman kuno untuk meningkatkan pasokan susu ASI. Bahkan, jika biji ini Anda sertakan dalam pola makan, Anda akan merasakan perbedaannya hanya dalam waktu sepekan. Untuk mendapatkan manfaat dari biji ini, yang perlu Anda lakukan ialah merendam biji fenugreek dalam secangkir air. Kemudian biarkan sampai satu hari, selanjutnya merebus air dengan biji tersebut. Jika sudah, saring rebusan air ke dalam gelas. Ramuan pun sudah bisa Anda minum.


Ramuan biji adas (saunf)
 
Biji adas bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Cara untuk mendapatkan manfaatnya, cukup tambahkan satu sendok biji adas ke dalam secangkir air. Kemudian, rendam selama 30 menit. Jika sudah, saring airnya dan minum dua kali sehari selama satu bulan. Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan biji adas ke dalam menu makanan harian Anda.


Parutan bawang putih
 
Bawang putih bisa merangsang produksi ASI para ibu. Untuk mencoba manfaat dari bawang putih ini, parut satu siung bawang putih dan godoklah dalam segelas air sampai teksturnya  berubah jadi kental atau menyatu. Selanjutnya, tambahkan secangkir susu ke dalam campuran itu dan rebuslah. Kemudian, saring ke dalam satu gelas baru dan tambahkan setengah sedok madu. Dan, minum ramuan ini setiap pagi saat Anda masih dalam masa menyusui.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment