Friday, June 6, 2014

Pukul 2, Waktu Terbanyak Orang Bunuh Diri

Pukul 2, Waktu Terbanyak Orang Bunuh DiriORANG-orang lebih mungkin melakukan bunuh diri saat dini hari. Dan, puncaknya ialah pukul 02.00 sampai 03.00, menurut studi terbaru.
 
Untuk mengungkap fakta tersebut, para peneliti menggunakan data American Time Use Survey yang menghitung kebiasaan orang Amerika yang masih terjaga sampai dini hari. Mereka juga menggunakan data Death Violent National System, yang mengungkap data cedera fatal. Kemudian, peneliti mengkategorikan lebih dari 35.000 kasus bunuh diri setiap jamnya.
 
Hasilnya, sebanyak dua persen kasus bunuh diri terjadi pada pukul 06.00 sampai tengah malam. Kemudian, kasus bunuh diri tertinggi pada, tepatnya 16 persen, dari pukul 02.00 sampai 03.00.
 
"Hasil ini tampaknya menjadi data pertama yang menunjukkan bahwa faktor-faktor sirkadian (waktu tidur alami dalam tubuh manusia-red) bisa berkontribusi untuk seseorang melakukan bunuh diri. Terungkap juga, orang yang mengalami insomnia merupakan faktor risiko dari bunuh diri," tulis peneliti utama, seperti dilansir Foxnews, Jumat (6/6/2014).
 
"Kemudian, orang yang terjaga sampai dini hari, dan juga dalam dirinya menjadi faktor risiko untuk bunuh diri," imbuhnya.
 
Adapun penelitian sebelumnya sudah menemukan bahwa banyak orang yang bunuh diri pada siang hari. Namun, penelitian ini masih belum bisa jadi hasil akhir, sebab tidak memerhitungkan berapa banyak orang yang benar-benar tidak tidur saat dini hari. Ternyata, presentase tertinggi orang yang bunuh diri terjadi pada dini hari.
 
Sementara itu, rekomendasi penelitian ini mengungkapkan bahwa mengobati insomnia seseorang juga bisa membantu menurunkan risiko bunuh diri seseorang.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment