Thursday, June 19, 2014

Presiden Harus Pilih Menkes Bukan karena Kepentingan Politik

Presiden Harus Pilih Menkes Bukan karena Kepentingan PolitikINDONESIA masih berhadapan dengan masalah kesehatan. Fasilitas kesehatan yang masih tidak merata, keterbatasan sumber daya, dan akses menuju layanan kesehatan yang masih sulit adalah beberapa masalah bidang kesehatan di Indonesia.

Dibutuhkan perubahan untuk kemajuan di segala bidang, termasuk kesehatan. Dewan Penyantun RS Awal Bros, Prof. Dr. Yos E. Susanto, Ph.D, mengatakan bahwa perubahan untuk kemajuan di negara-negara dunia ketiga bergantung kepada pemimpinnya. Pria yang pernah memelajari disiplin ilmu sosiologi tersebut percaya, bila ada pemimpin yang berkualitas, maka perubahan di bidang kesehatan juga bisa jauh lebih cepat.

?Saya bilang tahun 2014 ini kesempatan yang paling bagus, kalau memeroleh pemimpin yang tepat akan terjadi perubahan. Pemimpin yang bagus dan tepat antara perbuatan dengan perkataan harus sama. Tetapi, jujur saja tidak cukupmelainkan harus memiliki keberanian dalam melakukan perubahan, termasuk bidang kesehatan. Dalam bidang pelayanan kesehatan, pertama, harus punya passion dahulu, yakni benar-benar ingin masyarakatnya sehat,? katanya saat berkunjung ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Selain itu, tambahnya, seorang pemimpin bangsa harus mempunyai perhatian dan empati terhadap masyarakat. Misalnya, seorang pemimpin merasa tidak tega bila ada masyarakatnya yang tergeletak di fasilitas-fasilitas kesehatan. Karenanya, Prof Yos berharap jika pemimpin yang baru nanti, tidak mengangkat menteri kesehatan berdasarkan kepentingan politik.

?Jadi, harus benar-benar orang yang bagus dan berlatarbelakang dari bidang kesehatan. Selain itu, dia harus mempunyai program kesehatan yang benar-benar tidak hanya ucapan, tetapi benar-benar mempunyai niat ingin memajukan bidang kesehatan,? tutupnya. (Baca: Dukung JKN,IPMG Produksi Beragam Obat Generik)
 
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment