Tuesday, June 10, 2014

Please, Jangan Meludah Sembarangan!

Please, Jangan Meludah Sembarangan!CUACA ekstrem sering membuat tenggorakan jadi tak enak. Alhasil tidak sedikit yang terdorong untuk meludah sembarangan.

Namun, tahukah Anda jika meludah sembarangan berisiko terhadap kesehatan? Menurut, Dr.dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB Konsultan Gastroenterologi dari  FKUI, meludah sembarangan rupanya memiliki risiko terhadap kesehatan.

"Sebenarnya sama seperti bersin, ludah yang dibuang bisa juga mengancam kesehatan seseorang di sekitarnya. Apalagi ludah yang dibuang itu hasil dari  batuk, itu kan isinya bakteri semua," ungkapnya  saat diwawancarai oleh Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini.

Selain itu, dr Ari menambahkan meludah sembarangan akan lebih berbahaya jika dilakukan di dekat kerumunan orang atau di fasilitas umum.

"Gagang pintu, tiang pegangan tangga, dan fasilitas umum lain itu banyak bakterinya bukan hanya karena banyaknya orang memegang itu, tapi juga bisa kemungkinan dari bekas meludah. Kita tidak pernah tahu fasilitas yang dipakai itu pernah ada bekas ludah orang atau tidak," kata pria yang juga menjabat Wakil Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia ini.

Karenanya, untuk menangkis ancaman kesehatan dari ludah orang lain penting untuk sering mencuci tangan. Dengan cara ini seseorang bisa menimalisir bakteri dari bekas ludah.

"Bakteri dari ludah orang lain masuknya dari tangan-tangan dan kita tidak sadar memegang benda yang ada bekas ludah mereka. Kemudian kita makan dengan memakai tangan yang penuh bakteri itu.  Untuk memotong risiko itu, hanya bisa dilakukan dengan sering mencuci tangan setelah pergi kemana-mana," tutup dr Ari.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment