Wednesday, June 11, 2014

Pertolongan Pertama saat Anda Rasakan Gejala DBD

Pertolongan Pertama saat Anda Rasakan Gejala DBDSAAT fase kritis, pasien demam berdarah dengue (DBD) biasanya mengalami kebocoran plasma. Ketika hal itu terjadi, plasma yang keluar yakni terdiri dari air, gula, dan elektrolit.

Karenanya, Dr dr Leonard Nainggolan, Sp.PD-KPTI, dari RSCM mengatakan bahwa konsep utama dalam pengobatan DBD adalah mengganti cairan akibat kebocoran plasma. Namun, sesuai dengan rekomendasi World Health Organization, pengobatan sebaiknya tidak hanya memberikan air putih biasa, tapi minuman yang mengandung elektrolit dan glukosa.

?Jadi, kalau kita minum oralit yang mengandung elektrolit dan gula akan mempermudah transportasi air dari dalam usus ke pembuluh darah. Dengan adanya cairan elektrolit dan glukosa tersebut akan mempermudah penyerapan air di usus, sehingga WHO mengajurkan untuk jangan minum air putih biasa, tetapi air yang mengandung elektrolit dan gula,? ucapnya pada workshop Soho Global Health bertema "Waspadai Kebocoran Plasma saat DBD" di Artotel Hotel Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Lebih lanjut, tidak ada batasan terhadap jumlah cairan yang diminum. Justru, menurut Dr Leonard, semakin banyak akan lebih baik.

?Minumlah sebanyak mungkin yang bisa diminum, terutama oralit. Tidak ada batasan mengenai jumlah yang harus diminum karena kalau fungsi ginjal kita bagus itu akan langsung dibuang,? simpulnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment