Wednesday, June 11, 2014

Performa Anak Menonjol di Sekolah & Pergaulan, Caranya Mudah Kok

Performa Anak Menonjol di Sekolah & Pergaulan, Caranya Mudah KokSETIAP orangtua ingin anaknya memiliki performa menonjol saat di sekolah ataupun pergaulan. Orangtua harus melancarkan strategi untuk mewujudkannya.

Sebenarnya, memiliki anak yang menonjol bisa dicapai dengan mudah. Menurut Roslina Verauli, psikolog anak dan keluarga, untuk membuat anak bisa menonjol (well rounded child), orangtua harus optimal mengajarkan beberapa fungsi. Dengan demikian, mereka bisa tumbuh sesuai dengan yang diharapkan para orangtua.

"Maksud dari well rounded child ini, anak yang sejak awal yang sudah optimal dari fungsi kognitif, psikososial, dan sensoriknya. Sehingga, tumbuh dengan pengendalian emosi, keterampilan sosial, dan pintar di masa depan," katanya dalam talkshow serta re-launching Bebelac dengan Bebenutri Plus di Restoran Bunga Rampai,  Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Juni 2014.

Untuk menciptakan well rounded child, imbuh Verauli, para orangtua bisa melakukannya sejak dini. Caranya adalah memberikan stimuli yang beragam sesuai tahapan usia.

"Berbicara well rounded child itu bicara kualitas tumbuh kembang anak. Jadi, dibutuhkan stimulasi yang tepat sesuai tahapan usianya. Beda stimulasi yang dibutuhkan bagi perkembangan kemampuan otak dan kecerdasannya. Jadi, orangtua harus memberikan dukungan tanpa batas dalam menjalankan peran-peran yang selalu berubah seiring usia perkembangan anak," terangnya.

Meski begitu, Veraulli tetap menyarankan jika anak tidak hanya diberikan stimulasi. Penting pula membangun kedekatan antara orangtua dan anak.

"Tidak hanya stimulasi, anak juga membutuhkan pendekatan pengasuhan yang hangat dan penuh cinta. Saat orangtua bisa memberikan kedua hal itu secara kontinu, anak yang akan tumbuh ialah anak berprestasi dan menonjol saat bergaul di masa depannya," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment