Friday, June 20, 2014

Penyakit Ini Mengintai Penonton Piala Dunia

Penyakit Ini Mengintai Penonton Piala Dunia PIALA dunia Brasil tengah menyedot perhatian masyarakat. Karenanya, tak jarang mereka rela begadang hanya untuk menyaksikan pertandingan tersebut.

Namun tahukah Anda jika dibalik gegap gempita perayaan piala dunia, rupanya demam piala dunia juga mendatangkan berbagai penyakit bagi penontonnya. Kok bisa?  
Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Ahli penyakit dalam FK-UI memaparkan bahwa pertandingan bola di fase penyisihan piala dunia 2014 saat ini banyak menciptakan banyak gol. Sehingga hal inilah yang bisa memancing orang untuk berkeinginan menonton pertandingan sepak bola. Alhasil, kondisi tersebut membuat mereka cenderung mengabaikan waktu tidur. Padahal, jadwal pertandingan bola berada di jam dini hari yang seharusnya dipakai untuk mengembalikan stamina tubuh. Disinilah awal mula masalah yang pada akhirnya membuat penyakit-penyakit berdatangan.
 
"Umumnya saja, pergi jam tujuh pagi dan jam enam selesai. Sedangkan bola mulainya jam 11, jam tiga dan lima subuh. Itu kan jam tidur tubuh kita, kalau tidak diantisipasi, bisa tidak tidur dong kita. Alhasil daya tahan tubuh pun menurun, dan otomatis gampang terkena penyakit," katanya di Jakarta, baru-baru ini.
 
Lebih lanjut, dr. Ari juga menyebut penyakit apa saja yang bisa timbul karena begadang menonton sepakbola.
 
?Penyakit batuk-pilek sudah pasti khususnya mereka di perkotaan. Kemudian typhus dan juga demam berdarah juga bakal menyerang,?imbuhnya.
 
Karena itu, dr. Ari mewanti-wanti penderita hipertensi dan pasien jantung menghindari mengonsumsi segala bentuk asupan kafein saat bergadang. Sebab, kafein mampu mendatangkan masalah pada jantung.
 
"Kopi misalnya.Itu kan bisa membuat detak jantung berdetak dan aliran darah juga cepat. Kalau tidak dipaksa terus konsumsi itu pas begadang nonton bola, pasti membawa pengaruh tidak baik buat jantung," terangnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment