Tuesday, June 10, 2014

Penelitian Tegaskan Virus MERS Menular dari Unta ke Manusia

 Penelitian Tegaskan Virus MERS Menular dari Unta ke ManusiaSELAMA ini, penyebaran virus MERS di Arab Saudi menempatkan unta sebagai penyebabnya. Para peneliti sudah menemukan bukti langsung bahwa virus MERS melompat langsung dari unta ke manusia.

Hal itu sesuai temuan terbaru yang diterbitkan dalam jurnal New England Journal of Medicine. Para peneliti meneliti seorang pria Arab Saudi berumur 44 tahun yang memiliki kontak dengan sembilan unta hingga menyebabkannya meninggal karena MERS pada November 2013.

Dalam hasil penelitiannya, teman-teman korban mengatakan bahwa mereka mengoleskan obat topikal ke salah satu unta yang sakit. Empat unta diantaranya dilaporkan sakit flu, tujuh hari sebelum akhirnya pria tersebut terserang MERS.

Dan, seperti yang sudah diduga, para peneliti menemukan virus pada salah satu unta yang sakit dan membuatnya meninggal. Mereka juga menemukan bahwa genom mereka identik.

"Data ini menunjukan bahwa manusia yang terinfeksi virus MERS akibat kontak dengan unta yang terinfeksi ini fatal," kata Tariq Madani, Kepala penelitian dari Departemen Kedokteran King Abdulaziz University di Jeddah, seperti dilansir Arabnews, Selasa (10/6/2014).

Terkait penjelasan di atas, penelitian sebelumnya sudah menyatakan bahwa virus banyak menyerang unta itu sudah cukup umum, setidaknya sudah 20 tahun . Dan, ada kemungkinan bisa menyebar ke manusia . (fik)

»

0 comments:

Post a Comment