Tuesday, June 24, 2014

Pemeriksaan BRCA 1 & 2 Deteksi Kanker Payudara Tanpa Gejala

Pemeriksaan BRCA 1 & 2 Deteksi Kanker Payudara Tanpa GejalaSAAT mengalami benjolan tidak normal di payudara, wanita biasanya akan memeriksakan diri dengan mammografi untuk mendeteksi adakah potensi kanker payudara. Nah, pemeriksaan BRCA 1 dan 2 ini berguna mendeteksi kanker payudara tanpa gejala.

Head of Kalbe Genomics Laboratory Ahmad R. Utomo, PhD, menjelaskan bahwa pemeriksaan BRCA 1 dan 2 untuk wanita yang ingin memastikan risiko kanker payudara secara valid dan akurat. (Baca: Kanker Payudara 98 % Bisa Sembuh, Jika...)

"Pemeriksaan BRCA 1 dan 2 untuk mengevaluasi risiko kanker payudara wanita yang merasa punya turunan dari keluarga. Kan orang yang merasa tubuh normal, tidak bisa kelihatan sama sekali kalau tidak pakai mammografi," katanya dalam acara "Media Diskusi: Deteksi Risiko Melalui Pemeriksaan BRCA 1 dan BRCA 2", di Restoan TeSate, Jakarta Pusat, Selasa 24 Juni 2014.

Lebih dari itu, pemeriksaan juga untuk mengetahui seberapa persen seseorang memiliki risiko kanker payudara. "Jika ditemukan wanita memiliki risiko, jelas mereka jadi berisiko tinggi terkena kanker payudara. Tapi, seberapa tinggi? Pemeriksaan ini bisa memberikan gambaran itu, biasanya bakal di atas 80 persen. Dan, akan meningkat saat dokter mengetahui dia memiki gaya hidup tidak sehat," terangnya. (Baca: Waspada, 96 % Kasus Kanker Payudara Tidak Disertai Nyeri)

Hal senada disampaikan Dr dr Samuel J Haryono.Spb (K) Onk, SMF, Bedah Onkologi RS Dharmais. Dia menerangkan bahwa hasil pemeriksaan BRCA 1 dan 2 bisa detail dan akurat.

"Saat hasil laporan diterima dokter, di sana akan terlihat gen BRCA. Adakah yang termutasi? Dan, bagian mana saja? Pokoknya, pemeriksaan ini akan lebih spesifik menggambarkan termutasi suatu BRCA. Sehingga seseorang nantinya dikatakan dokter berisiko mengalami kanker payudara, misalnya, sekian persen," ungkapnya.

"Dan, setiap orang yang melakukan pemeriksaan ini akan berbeda-beda persentase risiko mereka terkena kanker payudara," simpulnya. (Baca: Cegah Kanker Payudara, Jangan Lupa ''Sadari'' Tiap Bulan) (ftr)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment