Tuesday, June 3, 2014

Obat Diabetes Bantu Turunkan Berat Badan, Lho

Obat Diabetes Bantu Turunkan Berat Badan, LhoOBESITAS atau kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit, di antaranya jantung, stroke, dan diabetes. Biasanya, upaya yang dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah berolahraga dan diet sehat serta seimbang.

Namun, studi baru menunjukkan bahwa obat yang biasa dikonsumsi mengontrol diabetes, yakni liraglutide (victoza), dapat membantu orang obesitas tanpa penyakit dalam menurunkan berat badannya. Peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi victoza selama lebih dari setahun, rata-rata mengalami penurunan sekira 8 persen dari total berat badan mereka dibandingkan yang mengonsumsi plasebo, yakni 2,6 persen.

?Pengobatan dengan injeksi liraglutide dapat membantu mengurangi berat badan orang obesitas bila digunakan pada dosis yang lebih tinggi daripada saat untuk mengobati diabetes,? kata Dr John Wilding, Head of the Department of Obesity and Endocrinology di University of Liverpool, Inggris, seperti dikutip Newsmaxhealth, Rabu (4/6/2014).

?Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa liraglutide efektif dan ditoleransi dengan baik secara keseluruhan untuk pengobatan obesitas,? tambahnya.

Dalam penelitiannya, Wilding memilih 3.731 orang dewasa obesitas berusia rata-rata 45 tahun untuk disuntik victoza dan plasebo. Para peserta dibagi dalam dua kelompok, yang kemudian juga harus mengikuti pola diet dengan 500 kalori, yakni lebih banyak dari diet normal. Bahkan, mereka harus meningkatkan aktivitas fisik dengan berjalan cepat selama 30 menit, minimal lima kali dalam sepekan.

?Kami mencatat, sekira 61 persen peserta memiliki kadar gula darah yang membuat mereka tergolong pradiabetes, tetapi belum diabetes tipe 2,? tutur Wilding.

Lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa hampir dua pertiga dari peserta yang diinjeksi victoza mengalami penurunan 5 persen dari total berat badan mereka. Sementara, sepertiga peserta yang diinjeksi victoza mengalami penurunan minimal 10 persen dari total berat badan mereka.

Sementara itu, 27 persen peserta yang mengonsumsi plasebo mengalami penurunan 5 persen dari berat badan mereka. Kemudian, satu dari 10 peserta yang mengonsumsi plasebo mengalami minimal penurunan 10 persen dari berat badan mereka.

Selain itu, studi juga menemukan bahwa orang yang diberikan victoza mengalami penurunan kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment