Saturday, June 14, 2014

Minum Teh & Kopi Munculkan Batu di Saluran Kemih, Jika...

Minum Teh & Kopi Munculkan Batu di Saluran Kemih, Jika...KETIKA sedang bekerja di kantor, kebanyakan orang senang ngemil cokelat dan minum teh atau kopi. Padahal, kebiasaan tersebut belum tentu baik bagi kesehatan.

Spesialis Urologi RS Premier Bintaro, Dr Gideon FP Tampubolon, SpU, mengatakan bahwa terlalu banyak minum teh atau kopi dalam sehari bisa mengakibatkan timbulnya batu di saluran kemih. Sebab, baik kopi maupun teh tergolong tinggi kalsium oksalat, salah satu komposisi terbentuknya batu saluran kemih.

?Salah satu komposisi batu adalah kalsium oksalat, dan itu banyak terkandung di dalam teh, kopi, dan cokelat. Semakin lama minuman tersebut tersimpan, maka kadar oksalatnya juga semakin tinggi sehingga berpotensi timbul batu saluran kemih,? katanya di Tangerang, belum lama ini.

Lebih lanjut, batu saluran kemih bisa mengakibatkan penderitanya merasakan sakit saat buang air kecil, sehingga juga menimbulkan ketidaknyamanan. Karena itu, sangat penting untuk mengubah kebiasaan tidak sehat, salah satunya mengurangi teh dan kopi.

Meski tidak mudah mengubah kebiasaan tersebut, Dr Gideon tetap mengajurkan untuk lebih banyak minum air putih. Namun, jika ingin mengonsumsinya, disarankan tidak melebihi batasan yang ada.

?Kalau satu sampai dua cangkir kopi sehari, masih oke. Tetapi, kalau sudah minum tiga, empat atau sampai lima cangkir kopi sehari itu sudah tidak sehat,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment