Friday, June 6, 2014

Mau Coba-Coba? Kebiasaan Merokok Ganja Pengaruhi Ukuran Sperma!

Mau Coba-Coba? Kebiasaan Merokok Ganja Pengaruhi Ukuran Sperma!BANYAK efek merugikan dari kebiasan merokok ganja. Terbaru, merokok ganja bisa memengaruhi bentuk dan kualitas sperma pria muda, menurut penelitian terbaru.
 
Dalam hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Human Reproduction, peneliti menganalisis berbagai faktor gaya hidup yang membuat pria mengalami infertilitas. Menurut para peneliti, merokok ganja adalah satu-satunya kebiasaan yang paling berkaitan membuat morfologi (ukuran dan bentuk) sperma menjadi abnormal.
 
Untuk bisa mengungkap penelitian itu,  Dr Alan Pacey, dosen senior andrologi di University of Sheffield, Inggris, mengobservasi lebih dari 2.000 orang dari 14 klinik kesuburan di Inggris. Kemudian, para peneliti memberikan kuesioner secara mendalam mengenai riwayat kesehatan dan kebiasaan gaya hidup.
 
Setelah semua data morfologi sperma didapat, data yang bisa dianalisis hanya sebanyak 1.970 orang. Kemudian ditemukan, sebanyak 1.652 pria mengalami bentuk dan ukuran sperma yang normal. Sementara itu, sebanyak 318 orang lainnya memiliki sampel sperma yang abnormal.
 
Lebih dalam, peneliti menemukan adanya dua korelasi yang kuat memengaruhi bentuk dan ukuran sperma menjadi abnormal. Orang-orang yang sampai sampel sperma abnormal, diakibatkan seringnya ejakulasi selama musim panas (Juni sampai Agustus). Kemudian, mereka lebih jauh akan mengalami sperma yang abnormal jika merokok ganja dalam tiga bulan sebelum melakukan ejakulasi.
 
"Alasan merokok ganja bisa memengaruhi bentuk dan ukuran sperma ialah karena kandungan yang ada di dalam ganja bisa mengubah proses produksi sperma," tutup Dr Acey, seperti dilansir Foxnews, Jumat (6/6/2014).
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment