Wednesday, June 4, 2014

Manfaat Batasi Makan Nasi untuk Kesehatan

Manfaat Batasi Makan Nasi untuk KesehatanMASYARAKAT Indonesia sudah terbiasa mengonsumsi nasi putih setiap hari. Padahal, tanpa disadari mengonsumsi nasi putih bisa berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk kadar gula darah naik.

Nasi putih mengandung glukosa tinggi dibanding nasi merah yang kaya serat. Sebagian ahli memang menyatakan bahwa nasi putih harus tetap menjadi unsur penting diet harian, setidaknya sekali dalam sehari. Namun, terlalu banyak makan nasi putih juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama di malam hari.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk membatasi makan nasi di malam hari. Berikut beberapa manfaat membatasi konsumsi nasi secara keseluruhan bagi kesehatan, seperti dikutip Boldsky, Kamis (5/6/2014).

Kadar gula darah terkendali
Tidak makan nasi putih membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Tetapi, terlalu banyak mengonsumsi nasi putih akan menyebabkan kadar gula darah melonjak sehingga berpotensi mengakibatkan diabetes.

Pencernaan lancar
Mengonsumsi nasi putih secara rutin akan mendatangkan masalah sembelit. Hal tersebut karena nasi sangat sedikit mengandung serat sehingga tidak membantu kerja gerakan usus dengan baik.

Nutrisi lebih baik
Salah satu manfaat tidak mengonsumsi nasi putih adalah tidak akan mempengaruhi asupan nutrisi. Pasalnya, karena nasi putih memiliki nilai gizi yang rendah dibandingkan nasi merah. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment