Monday, June 2, 2014

Makanan-Makanan Sehat Pelawan Nyeri Haid (1)

Makanan-Makanan Sehat Pelawan Nyeri Haid (1)KEMBUNG, kram, jerawat, sakit kepala, murung, mudah marah, atau menangis, adalah beberapa gejala sebelum haid alias premenstrual syndrome (PMS). Bahkan jika Anda tidak mengalami semuanya, satu gejala saja cukup untuk membuat hari Anda menjadi tak menyenangkan.

Sebenarnya, ada banyak makanan yang dapat memberi nutrisi sehat dan membantu meringankan beberapa gejala PMS. Siap-siap untuk memuaskan hasrat makan Anda dan menaklukkan gejala PMS pada saat bersamaan, seperti dilansir Womenshealthmag.

Brokoli, kubis brussel, dan artichoke
Sayuran tinggi serat dapat mengurangi perut kembung. Sayuran-sayuran dengan kadar air tinggi ini membantu menyingkirkan bengkak, gas, dan rasa ketidaknyamanan. Jauhi makanan asin dan tinggi natrium. Sekantong keripik asin hanya akan memerpanjang penderitaan Anda.

Gandum, berry, quinoa, dan popcorn
Apakah Anda pernah merasa seperti ada semut di celana Anda saat PMS? Bahkan, hal-hal terkecil bisa membuat Anda jengkel dan marah-marah. Konsumsilah karbohidrat kompleks yang akan meningkatkan hormon serotonin, yakni hormon yang memproduksi perasaan baik.

Karbohidrat kompleks juga memberi pasokan energi sehingga Anda tidak merasa cepat lapar. Plus, sebuah studi dari Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang dengan diet rendah karbohidrat lebih mungkin merasa depresi, cemas, atau marah dibandingkan mereka yang mengonsumsi karbohidrat kompleks setiap hari. Jadi, jika Anda sedang mencari makanan untuk meningkatkan suasana hati, karbohidrat kompleks adalah hal terbaik untuk Anda.

Salmon panggang, telur omega-3, dan biji chia
Jika ketika haid Anda juga merasa murung, tambahkan dosis omega-3 pada makanan Anda. Asam lemak ini juga dapat memerbaiki mood. Bahkan, penelitian dari McLean Hospital yang beraviliasi dengan Harvard University menemukan bahwa omega-3 bermanfaat seperti antidepresan.

Salmon panggang, telur omega-3, dan biji chia merupakan sumber utama mengatasi gejala haid. Perlu diingat jika Anda sebaiknya tidak mengonsumsi koktail jika merasa down karena alkohol bertindak sebagai depresan dan memerburuk perasaan sedih yang Anda alami.

Pisang
Gangguan tidur tepat sebelum menstruasi dialami oleh banyak wanita. Plus, para ahli di John Hopkins University di Baltimore menemukan bahwa tidur terlalu sedikit membuat wanita lebih rentan terhadap rasa sakit (yang berarti kram Anda bisa menjadi lebih buruk). Jadi, pastikan untuk mengonsumsi pisang yang mengandung melatonin, yakni hormon tidur yang disekresikan pada malam hari dan membantu mengatur ritme alami tubuh kita. (bersambung) (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment