Wednesday, June 11, 2014

Lycopene pada Tomat Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Lycopene pada Tomat Kurangi Risiko Penyakit JantungAPA yang Anda konsumsi akan berdampak terhadap kesehatan. Mengonsumsi buah-buahan, seperti tomat, akan membuat Anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

Sebuah penelitian dari University of Cambridge dan Cambridge University Hospitals NHS menunjukkan bahwa mengonsumsi buah tomat secara signifikan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah pada pasien penyakit jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa antioksidan di dalam tomat dapat berdampak positif bagi kesehatan.

Sementara, dari 36 pasien penyakit jantung yang minum pil suplemen mengandung antioksidan dari tomat setiap hari selama dua bulan, menunjukkan pembuluh darah mereka melebar sebesar 53 persen. Para ilmuwan meyakini hal tersebut disebabkan peningkatan fungsi endothelium, yakni lapisan sel dinding di dalam pembuluh darah. Suplemen tomat sendiri tidak berpengaruh terhadap sukarelawan yang pembuluh darahnya sudah sehat.

Pemimpin penelitian, Dr Joseph Cheriyan dari Addenbrooke Hospital dan Cambridge University mengatakan, penyempitan pembuluh darah mengurangi aliran darah. Oleh karena itu, penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu faktor utama penyebab serangan jantung dan stroke.

?Kami telah menunjukkan bahwa lycopene dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah pada pasien penyakit jantung,? ucapnya, sebagaimana dikutip Nzherald, Kamis (12/6/2014).

Namun, Dr Joseph mengatakan bahwa suplemen harian tomat bukanlah pengganti obat untuk metode pengobatan lainnya, seperti statin yang biasa dikonsumsi pasien penyakit jantung. Dr Joseph tidak bisa menjamin mengonsumsi suplemen harian tomat dapat mengurangi jumlah pasien penyakit jantung karena membutuhkan penelitian lebih lanjut.  
 
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment