Monday, June 2, 2014

Konsumsi Vitamin C 1.000 mg per Hari Sebabkan Overdosis?

Konsumsi Vitamin C 1.000 mg per Hari Sebabkan Overdosis?KEBUTUHAN rata-rata vitamin C setiap orang sekira 75 mg per hari. Namun, tampaknya banyak produk suplemen yang menyajikan 1.000 mg vitamin C untuk memenuhi kebutuhan harian.

Porsi 1.000 mg vitamin C setiap hari mungkin terdengar umum. Dokter Spesialis Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM, Dr Fiastuti Witjaksono MS.SpGK, mengatakan bahwa mengonsumsi 1.000 mg vitamin C per hari tidak akan menyebabkan overdosis.

"Jangan takut overdosis karena vitamin C larut di dalam air sehingga akan keluar kembali melalui urine," katanya pada workshop & launching Zespri Sun Gold di Rumah Radani, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Senin (2/6/2014). Karena itu, tubuh berpotensi kekurangan vitamin C.

Dr Fiastuti menambahkan, vitamin C merupakan jenis vitamin yang paling mudah rusak dan teroksidasi. Bahkan, proses oksidasi vitamin C akan semakin cepat bila terpapar panas dan sinar matahari. Oleh karena itu, Dr Fiastuti menekankan bahwa tidak ada gunanya mengonsumsi 1.000 mg vitamin C hanya di sekali waktu karena pada akhirnya akan dibuang.

Namun, penting untuk memerhatikan asupannya karena kekurangan vitamin C akan berdampak pada kesehatan tubuh.

"Bila sampai terus kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sel-sel di dalam tubuh cepat tua dan hormon-hormon tidak bekerja maksimal," simpulnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment