Thursday, June 5, 2014

Kesemutan Datang, Akibat Neuropati atau Rematik?

Kesemutan Datang, Akibat Neuropati atau Rematik?HAMPIR semua orang pernah mengalami nyeri sendi dan kesemutan di berbagai bagian tubuhnya setelah melakukan aktivitas tertentu. Sangat penting untuk segera melakukan tindakan pengobatan agar nyeri tidak berlangsung lama.

Namun, penting diingat adalah kesemutan dan nyeri di persendian bisa menjadi gejala yang berbeda dari suatu penyakit, yakni neuropati dan rematik. Sayangnya, masih ada beberapa orang sulit membedakan antara gejala rematik dengan neuropati. Lalu, bagaimana membedakan gejala neuropati dengan penyakit rematik?

Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat, Dr Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) menjelaskan bahwa neuropati adalah istilah untuk kerusakan saraf yang dapat disebabkan oleh penyakit, trauma pada saraf, atau dapat juga karena kompliasi dari suatu penyakit sistemik.

Sementara, rematik atau arthritis adalah penyakit yang dihadapi sebagian besar orang dewasa. Selain itu, arthritis dapat menyebabkan rasa sakit pada nyeri sendi dan ketegangan otot.  Sementara, Dr Manfaluthy mengatakan bahwa dari gejala-gejala yang ditimbulkan pun antara neuropati dengan rematik sedikit berbeda.

"Neuropati menunjukkan gejala seperti nyeri, rasa baal, mati rasa, kram, kaku-kaku, kesemutan, dan rasa terbakar, serta kulit hipersensitif," katanya pada media workshop "Waspadai Gaya Hidup Berisiko Neuropati" di The CONE, FX Lifestyle Center, Jakarta Pusat, Kamis (5/6/2014).

"Sementara, arthitis atau rematik tidak menimbulkan kesemutan dan rasa baal dan terjadi di persendian," tambahnya.

Selain itu, menurut Dr Manfaluthy, asam urat atau rematik pada umumnya tidak menimbulkan gejala secara langsung. Namun, Dr Manfaluthy mengatakan bahwa untuk jangka panjang rematik bisa menimbulkan nyeri di sendi-sendi, berbeda dengan neuropati.

"Neuropati menimbulkan gejala-gejala kesemutan dan baal di ujung-ujung bagian tubuh, seperti ujung jari tangan dan kaki," tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment