Sunday, June 8, 2014

Kenali Sembilan Masalah Kehamilan Trimester Pertama (1)

Kenali Sembilan Masalah Kehamilan Trimester Pertama (1)TRIMESTER pertama seringkali disertai dengan berbagai keadaan yang tidak menyenangkan. Umumnya dapat diatasi dengan cara yang sederhana.

Namun, jika Anda tidak yakin dengan cara yang sederhana, sebaiknya konsultasikan dengan dokter pada kunjungan antenatal (kontrol kehamilan). Masalah-masalah yang sering muncul pada kehamilan trimester pertama, di antaranya:

Kelelahan
Merupakan gejala yang termasuk sering dikeluhkan oleh wanita hamil, khususnya pada trimester pertama, dimana perubahan hormonal menyebabkan tubuh berada dalam kelelahan yang tidak biasa. Solusinya ialah tidur lebih awal dan sedapat mungkin tidur siang.

Kelelahan juga mungkin dapat disebabkan oleh anemia atau kurang darah. Jadi, sebaiknya Anda memeriksakan diri pada dokter jika mengalami kelelahan yang tidak biasa.

Sakit kepala
Merupakan gejala lain yang juga sering mengganggu pada awal kehamilan yang disebabkan oleh perusahaan hormonal. Bila keluhan menetap lebih dari dua hari, segera konsultasikan kepada dokter anda. Pemijatan dapat menolong karena mengurangi tegangan otot dan juga melancarkan peredaran darah.

Mual dan muntah
Merupakan gejala utama pada awal kehamilan. Dapat terjadi pagi, sore hari, bahkan sepanjang hari dengan interval di antaranya. Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi umumnya dihubungkan dengan perubahan hormon kehamilan. Makan roti dan minum secangkir teh setelah bangun pagi, makan porsi kecil, tapi sering, dan hindari makan berlemak dan pedas pada umumnya dapat menolong mengurangi gejalanya.

Stretch marks
Ini adalah tanda seperti garis dapat muncul akibat peregangan kulit seiring dengan berkembangnya kehamilan sangat umum terjadi setelah melahirkan. Sebaiknya, gunakan pelembap pada area-area tersebut. Lakukan pijatan lembut dengan minyak atau pelembab yang mengandung vitamin E.

Insomnia
Susah tidur merupakan masalah yang sering ditemukan pada wanita hamil. Pada awalnya, masalah ini disebabkan oleh perubahan tubuh dan kecemasan ringan. Selanjutnya dapat disebabkan oleh membesarnya kehamilan sehingga tidak mudah mendapatkan posisi yang nyaman. Dapat dicoba untuk mandi dengan air hangat dan minum susu sebelum tidur malam. Jangan makan malam yang terlambat, juga makanan yang banyak mengandung garam, gula, pedas dan berlemak. Jangan minum kopi atau the sebelum tidur karena keduanya mengandung kafein. (bersambung) (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment