Friday, June 20, 2014

Kenali Gejala & Pencegahan Radang Lambung

Kenali Gejala & Pencegahan Radang LambungAPAKAH Anda sering mengalami nyeri di bagian perut, mual, atau kotoran berdarah saat buang air besar? Jika iya, mungkin Anda mengalami radang lambung atau ulkus peptikum.

Radang lambung tidak hanya meresahkan, juga membuat Anda lemah karena sulit untuk makan. Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui radang lambung. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip Magforwomen, Jumat (20/6/2014).

1. Stres, pola makan dan minum yang buruk, serta kebiasaan merokok adalah penyebab radang lambung. Namun, radang lambung juga diyakini disebabkan oleh infeksi bakteri, yakni helicobacter pylori. Infeksi bakteri ini hampir 65 persen menyebabkan radang lambung.

2. Obat-obatan tertentu juga dikatakan dapat menyebabkan radang lambung, yakni aspirin dan clopidogrel. Seperti kita ketahui, kedua jenis obat tersebut diminum untuk membantu mencegah serangan jantung dan stroke, tetapi ternyata dapat menyebabkan radang lambung.

3. Beberapa radang lambung hampir tidak memiliki gejala apapun. Namun, biasanya seseorang merasakan nyeri tepat di bawah tulang rusuk, gangguan pencernaan, mual, kehilangan nafsu makan, muntah, dan penurunan berat badan. (Baca: Ternyata Wanita Rentan Sembelit)

4. Radang lambung dapat diobati dengan obat-obatan seperti antibiotik. Selain itu, mengurangi asam di dalam tubuh juga mengobati radang lambung, yakni dengan berhenti merokok dan membatasi makanan atau minuman pencetus peningkat asam lambung. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment