Monday, June 9, 2014

Kebiasaan Buruk Sehari-hari Picu Risiko Kanker Prostat

Kebiasaan Buruk Sehari-hari Picu Risiko Kanker Prostat   PEMBESARAN kelenjar prostat adalah masalah umum di antara kalangan pria. Hal itu pula yang membuat kasus kanker prostat kian meningkat dan dapat berakibat fatal.

Stres dan gaya hidup tidak sehat merupakan beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kanker prostat. Pembesaran prostat juga terjadi karena pria tidak memerhatikan kesehatan kandung kemihnya, seperti sering menahan buang air kecil.

Jika Anda tidak ingin bermasalah dengan kanker prostat, ubahlah kebiasaan dari sekarang. Ingat, prostat yang membesar bisa sangat menyakitkan dan membuat tidak nyaman.

Beberapa perubahan yang sangat sederhana dari gaya hidup dapat melindungi kelenjar prostat Anda. Misalnya dari hal yang sangat sederhana, yakni mengenakan celana dalam tidak terlalu ketat.

Mengenakan celana dalam terlalu ketat memang tidak baik untuk alat kelamin Anda. Letak kelenjar prostat tepat di bawah kandung kemih sehingga ketika memakai celana dalam terlalu ketat, prostat bisa menjadi panas dan tertekan.

Tidak hanya memerhatikan penggunaan celana dalam, berikut beberapa cara yang dapat menjauhkan Anda dari kanker prostat, sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (9/6/2014).

Kurang minum air putih

Anda harus minum cukup air putih sehingga kandung kemih selalu terisi penuh sebelum buang air kecil. Jika tidak, otot-otot kemih Anda akan mulai berkontraksi dan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Enggan berhenti merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan terburuk yang memengaruhi setiap bagian dari tubuh Anda. Kemungkinan untuk terkena kanker prostat menjadi jauh lebih tinggi jika Anda seorang perokok.

Kurang konsumsi makanan kaya zat besi

Dengan pertambahan usia, maka kadar testosteron pria akan menurun sehingga mungkin menjadi penyebab pembesaran kelenjar prostat. Untuk memertahankan kadar testosteron, cobalah mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung mineral zat besi, seperti daging, kerang, ikan, dan susu.

Jangan lupa pakai celana dalam

Jangan pernah lupa mengenakan celana dalam. Sebab, kantung skrotum atau kulit pembungkus testis yang tidak dilindungi, bisa berdampak pada tekanan pada kelenjar prostat. Sehingga, hal inilah yang menyebabkan pembesaran prostat dari waktu ke waktu.  
Hindari radiasi ponsel
 
Kebanyakan pria menyimpan ponsel di saku celana mereka. Padahal, kebiasaan ini sangat buruk bagi kesehatan genital, termasuk prostat Anda. Radiasi dari perangkat mobile benar-benar dapat memicu berkembangnya kanker prostat.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment