Tuesday, June 3, 2014

Kanker Payudara 98 % Bisa Sembuh, Jika...

Kanker Payudara 98 % Bisa Sembuh, Jika...RISIKO kematian akibat kanker payudara di Indonesia masih cukup tinggi. Angka risiko kematian akibat kanker payudara bisa diminimalisir lewat deteksi dini.

Spesialis bedah konsultan payudara RS Mitra Kemayoran, Dr Alfiah Amiruddin MD, MS, deteksi dini kanker payudara membuka peluang sembuh bagi penderita kanker payudara hingga 98 persen. Namun, Dr Alfiah mengatakan bahwa berdasarkan data registrasi kanker Indonesia, sekira 40 sampai 70 persen pasien kanker payudara datang berobat sudah pada stadium lanjut.

?Bila kanker payudara terdiagnosis saat stadium 1 sampai, 2 maka dilakukan pengobatan kuratif yang bertujuan untuk menyembuhkan. Tetapi, kalau sudah stadium 4 tidak bisa disembuhkan lagi,? katanya pada media workshop "Perawatan Menyeluruh Seputar Kesehatan Payudara" di RS Mitra Kemayoran, Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Dengan kata lain, Dr Alfiah mengatakan bahwa sekira 40 sampai 70 persen pasien kanker payudara di Indonesia memeroleh terapi paliatif. Terapi paliatif diberikan tidak lagi untuk menyembuhkan kanker payudara, melainkan mengurangi gejala demi meningkatkan kualitas hidup penderita.

Sementara itu, kanker payudara adalah penyakit yang disebabkan oleh sel ganas yang tumbuh pada jaringan payudara. Sel kanker ini dapat menyebar ke jaringan sekitarnya atau organ tubuh lain, seperti paru-paru, hati, otak, mata, dan kandung kemih.

Lebih lanjut, Dr Alfiah mengatakan bahwa kanker payudara bisa menyerang siapa saja, termasuk kalangan pria tanpa memandang usia, status ekonomi dan sosial, serta budaya, dan pendidikan. Oleh karena itu, Dr Alfiah menegaskan bila mendeteksi kanker payudara sedini mungkin sangatlah penting.

?Selain itu, dengan melakukan deteksi dini pasien dapat mengurangi biaya pengobatan, risiko kecacatan dan harapan kesembuhan yang lebih besar bagi pasien kanker,? tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment