Thursday, June 19, 2014

Kanker Getah Bening Olga Komplikasi dari Meningitis

Kanker Getah Bening Olga Komplikasi dari MeningitisOLGA Syahputra dikabarkan mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 4. Padahal sebelumnya, presenter laris itu menderita meningitis.

Menurut dr Walta Gautama, SpB(K)Onk dari Departemen Bedah Onkologi RS Kanker Dharmais Jakarta menjelaskan bahwa meningitis dan kanker kelenjar getah bening memiliki korelasi. Jika dilihat dari perjalanan penyakitnya, meningitis bisa menjadi komplikasi dari kanker kelenjar getah bening. (Baca: Hindari Kanker Getah Bening, Amati Benjolan Tak Wajar)

"Meningitis bisa menjadi komplikasi dari kanker kelenjar getah bening yaitu bila terjadi penyebaran sel kanker ke meninges (selaput pembungkus otak)," katanya melalui surat elektronik yang diterima Okezone, baru-baru ini.

Meski begitu, dr Walta mengatakan untuk kasus Olga perlu pembuktian lebih lanjut. Pasalnya, jika tidak ada sel kanker di cairan otak, maka meningitis tersebut bukan menjadi penyebab kanker yang kini diderita Olga. (Baca: Sederet Faktor Dekatkan Olga pada Kanker Kelenjar Getah Bening)

"Untuk kasus Olga, harus dibuktikan dulu apakah meningitisnya memang merupakan akibat penyebaran sel kanker kelenjar getah bening (pembuktian melalui pemeriksaan cairan otak-red). Bila tidak ada sel kanker di cairan otak, berarti meningitis tidak berhubungan dengan kanker getah beningnya," tutupnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment