Monday, June 16, 2014

Jumantik Cilik Wujudkan Jakarta Bebas DBD 2020

Jumantik Cilik Wujudkan Jakarta Bebas DBD 2020DKI JAKARTA berisiko tinggi virus dengue karena penduduknya cukup padat. Untuk mencegah penularan Demam Berdarah Dengue (DBD), caranya bisa dengan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Dien Emawati, M.Kes, PSN dilakukan setiap Jumat di beberapa kecamatan oleh juru pemantau jentik (jumantik). Setiap Rukun Tetangga (RT) harus mempunyai satu jumantik dari warganya untuk menggerakkan warga melakukan PSN.

?Selain itu, kita juga sudah melatih jumantik cilik. Kita ingin memberikan peran serta kepada anak-anak sehingga perubahan perilaku terjadi pada mereka karena kalau kalangan dewasa susah diubahnya,? katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Perubahan perilaku yang dimaksud adalah meningkatnya aktivitas pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan masyarakat. Karena itu, aktivitas jumantik cilik diharapkan dapat memberi ilmu untuk orang-orang di sekitar lingkungannya, seperti keluarga, teman-teman, baik di sekolah maupun lingkungan sekitar rumah. (Baca: Puskesmas & Sudinkes Wajib Fogging Gratis, Jika...)

?Kebiasaan melakukan pemberantasan sarang nyamuk ini akan dibawa terus ketika para jumantik cilik telah dewasa. Saya yakin pada tahun 2020 kita bisa capai Jakarta bebas DBD kalau ada perubahan perilaku, kalau tidak pasti sulit,? simpulnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment