Thursday, June 26, 2014

Jelang Ramadan BPOM Awasi Takjil Berbahaya

Jelang Ramadan BPOM Awasi Takjil BerbahayaKETIKA masuk bulan Ramadan, bermacam-macam hidangan laris dijajakan saat jelang buka puasa. Namun, beberapa makanan tersebut tetap harus diwaspadai karena bisa mengandung bahan-bahan ilegal yang berbahaya bagi kesehatan.
 
Karenanya, BPOM siap mengawasi berbagai makanan tersebut selama bulan Ramadan. Termasuk juga makanan takjil yang dijual.
 
"Kalau menjelang ramadan makanan takjil itu juga kita akan awasi. Karena biasanya bahan berbahaya seperti pewarna, boraks dan formalin itu juga biasanya digunakan," tutur Kepala BPOM, Dr. Roy Sparringa, M.App,Sc di JS Luwansa Hotel & Covention Center, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 25 Juni 2014.
 
Selain itu, Roy juga mengingatkan kualitas makanan yang turun sehingga tidak layak dikonsumsi. Meski semuanya harus dilihat case by case, tetapi bila produk sudah kedaluarsa, jelas tidak boleh dimakan. (Baca: Jelang Ramadan Makanan Kedaluarsa Meningkat)
 
"Batas kadaluarsa itu indikator mutu, namun ada case by case makanan tertentu yang berimplikasi ke keamanannya. Tetapi, kalau kualitasnya sudah menurun tidak layak lagi dikonsumsi," paparnya.
 
Sementara jelang Ramadan tahun ini, BPOM telah melakukan razia pada salah satu kawasan pergudangan di Jakarta Barat. Dari razia yang dilakukan Rabu 25 Juni 2014, BPOM menemukan gudang penyimpanan makanan kedaluarsa dan ilegal yang siap diedarkan saat ramadan dan hari raya.
 
Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk melapor bila ada tempat-tempat yang mencurigakan sebagai gudang makanan kedaluarsa dan ilegal. "Jadi, kami juga ingin masyarakat juga menghubungi kami bila ada kecurigaan," tutup Roy Sparingga.
 
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment