Friday, June 6, 2014

Jangan Sering Begadang, Berat Badan Anda Bisa Naik

Jangan Sering Begadang, Berat Badan Anda Bisa NaikADA banyak alasan waktu tidur Anda harus cukup. Salah satunya adalah membuat pikiran menjadi cemerlang, penampilan lebih segar dan bertindak lebih baik.

Bagaimana bila seseorang sering tidur larut malam hingga akhirnya kurang tidur alias sering begadang? Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan tingkat konsentrasi seseorang, bahkan bisa berdampak pada peningkatan berat badan. Mengapa?

Sebagaimana dikutip Womenshealthmag, Jumat (6/6/2014), para peneliti dari University of Chicago dan University of Wisconsin mengatakan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan. Artinya, keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan asin menjadi jauh lebih banyak dibanding saat memeroleh tidur malam yang cukup.

Untuk studi ini, para ahli melakukan penelitian selama tiga pekan dengan melibatkan 10 orang dewasa yang memiliki masalah kelebihan berat badan dan berisiko obesitas. Peserta yang tidur kurang dari 6,5 jam per malam diminta mengikuti waktu tidur normal pada pekan pertama. Kemudian, pada pekan kedua dan ketiga penelitian, peserta diminta untuk tidur selama 8,5 jam setiap malamnya.

Hasilnya, waktu tidur para peserta rata-rata bertambah 1,6 jam selama intervensi. Tetapi, memeroleh waktu tambahan tidur membuat mereka mendapatkan hasil yang besar dalam penurunan nafsu makan.

Pada akhir studi, bertambahnya durasi tidur malam berhubungan dengan penurunan 14 persen nafsu makan secara keseluruhan. Selain itu, para peneliti mencatat, durasi tidur malam yang bertambah menyebabkan penurunan sekira 62 persen keinginan untuk makan asupan manis dan asin.

Para peneliti menjelaskan bahwa hal tersebut berhubungan dengan otak. Kurang tidur benar-benar mengubah respon otak, sehingga meningkatkan keinginan makan-makanan berkalori tinggi. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment