Thursday, June 12, 2014

Ingat, Batuk Bukan Termasuk Penyakit!

Ingat, Batuk Bukan Termasuk Penyakit!BANYAK orang menganggap bahwa batuk merupakan salah satu dari kelompok penyakit yang bisa menular. Namun, nyatanya batuk bukanlah termasuk ke dalam kelompok penyakit.

Menurut Emilia E. Achmadi, MS, clinical dietitian dan pakar bidang nutrisi dan pencegahan penyakit, batuk belum bisa dikatakan sebuah penyakit. Batuk hanya indikasi gangguan di dalam tubuh seseorang.

"Batuk yang sering dialami orang itu disebut batuk awal, gejala yang memberi sinyal bahwa ada yang tidak beres dalam tubuh. Nah, itu karena ada yang mengiritasi, terletak pada saluran napas atas," katanya pada media briefing & dialog interaktif ?Batuk Itu Menggangu & Pahami Pencegahan Efektifnya? di Luna Negra, Plaza Bapindo, Jakarta, Kamis, (12/6/2014) .

Meski begitu, Emilia tetap menyarankan jika seseorang sudah mengalami batuk, sebaiknya langsung mengambil langkah penyembuhan. Pasalnya, batuk bisa berpotensi menimbulkan penyakit serius yang memerlukan perawatan intensif biaya mahal.

Batuk belum dikatakan sebuah penyakit. Namun, jika saat batuk dan lendir di tenggorokan terkontaminasi bakteri, bisa muncul penyakit serius.

?Penyakit seperti apa? Bronkitis, disebabkan lendir yang terkontaminasi bakteri masuk ke dalam paru-paru. Laringitis, sebuah peradangan saluran pernapasan atas. Dan, ini bisa dibilang batuk tahap dua. Kemudian, iritasi lambung akibat asam lambung yang berlebih akibat dipicu," tutupnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment