Monday, June 9, 2014

Infeksi Virus MERS di Arab Saudi Menurun 80 %

Infeksi Virus MERS di Arab Saudi Menurun 80 %JUMLAH angka virus MERS telah mengalami penurunan selama enam minggu terakhir hingga 80%. Hal itu terjadi karena langkah pencegahan secara komprehensif yang diterapkan oleh Departemen Kesehatan Arab Saudi.
 
Menurut pelaksana tugas Menteri Kesehatan Arab Saudi, Adel Fakeih, pihaknya berkoordinasi dengan semua instansi lokal, global dan Kementerian Pertanian untuk melakukan pencegahan tersebut. Bahkan, upaya kerja sama itu kian intensif selama musim umrah dan haji, dengan dikontrol oleh badan kesehatan Inggris.
 
"Melalui koordinasi semua pihak dan pemeriksaan terus menerus, kementerian memastikan tindakan yang diambil proaktif dan cepat saat tantangan di masa mendatang (umrah dan haji). Dokter terbaik, ilmuwan, peneliti dan perawat kesehatan dan ahli perencanaan pelayanan gawat darurat, semua itu ada  di badan kesehatan Command and Control Center (CCC)," katanya seperti dilansir Arabnews, Selasa (10/6/2014).
 
CCC, lanjut Adel, siap memastikan upaya untuk menanggulangi tantangan kesehatan akan dilakukan dengan pendekatan sistematis, holistik, dan komprehensif. Badan ini memiliki 11 platform dalam pendekatan kerja, dimana petugas kesehatan berkerja sesuai topik kesehatan yang sudah ditentukan
 
"Kami sekarang sudah mendokumentasikan setiap kasus MERS yang terjadi di Arab Saudi sejak  September tahun 2012," kata Fakeih.
 
"Sampai saat ini sudah 689 yang dilaporkan, termasuk 283 kematian di dalamnya. Dan sebanyak 53 pasien sudah sedang dalam kontrol pengobatan, dan 353 orang sudah sembuh dari penyakit MERS."
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment