Tuesday, June 3, 2014

Hindari Mammografi Sepekan Sebelum Menstruasi

Hindari Mammografi Sepekan Sebelum MenstruasiMELAKUKAN deteksi dini kanker payudara dapat memerbesar harapan kesembuhan. Salah satu cara mendeteksi dini kanker payudara adalah dengan mammografi.

Biasanya mammografi dianjurkan secara rutin dua tahun sekali untuk mendeteksi kemungkinan kanker payudara. Namun, banyak wanita ketika akan melakukan mammografi khawatir merasakan rasa sakit.

Spesialis bedah konsultan payudara RS Mitra Kemayoran, Dr Alfiah Amiruddin MD, MS, mengatakan bahwa jika waktu pelaksanaan mammografi tepat, maka rasa sakit yang luar biasa bisa dihindari. Dr Alfiah menganjurkan untuk tidak melakukan mammografi sepekan sebelum menstruasi karena ketika itu hormon sedang tinggi.

"Harus diingat bahwa pada saat hormon naik akan terjadi retensi cairan di dalam tubuh. Retensi cairan yang berlebihan akan membuat kulit menjadi strech, ini yang menyebabkan rasa sakit," katanya pada media workshop "Perawatan Menyeluruh Seputar Kesehatan Payudara" di RS Mitra Kemayoran, Jakarta, Selasa (3/6/2014).

"Kalau badan sedang penuh cairan akan berusaha untuk menekan dari luar, begitu juga pada payudara bila satu minggu sebelum haid Anda paksakan mammografi," tambahnya.

Menurut Dr Alfiah, hal tersebut masih menjadi salah kaprah pada sebagian wanita yang ingin mammografi, padahal lantaran waktunya tidak tepat. Oleh karena itu, Dr Alfiah menegaskan untuk melakukan mammografi sepekan setelah haid.

"Ketika hormon sudah turun, payudara kita menjadi lunak lalu ditekan sedikit, itu akan lebih manusiawi dibanding melakukannya saat payudara penuh," tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment