Wednesday, June 18, 2014

Hindari Kanker Getah Bening, Amati Benjolan Tak Wajar

Hindari Kanker Getah Bening, Amati Benjolan Tak WajarSALAH satu gejala kanker kelenjar getah bening atau limfoma yang bisa dilihat kasat mata adalah munculnya beberapa benjolan di bagian tubuh. Benjolan tersebut biasanya muncul dalam bentuk kelenjar.

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, Spesialis Penyakit Dalam Gastroentero-Hepatologis di RSCM, ada beberapa lokasi benjolan yang bisa diamati sebagai pencegahan dari kanker kelenjar getah bening. "Ada pembesaran kelenjar, bisa timbul di leher, ketiak, dagu, dan selangkangan," katanya saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Selain di lokasi tersebut, kelenjar getah bening juga bisa terdapat di usus. Kemunculan benjolan sendiri memang tidak bisa diperkirakan.

"Bisa di dalam usus. Saya pernah menemukan kasus seperti itu dan limfoma ini timbulnya sewaktu-waktu," imbuhnya.

Untuk ukuran, imbuh dr Ari, juga cukup beragam. Bisa dari sebesar kacang hingga sekepalan tangan.

"Pembesaran awalnya bisa sebesar kacang, seperti kutil, dan bisa menjadi sekepalan," tandasnya.

Lebih lanjut, kemunculan benjolan tersebut juga disertai dengan gejala umum. Di antaranya, penurunan berat badan secara signifikan, keringat di malam hari, serta menurunnya daya tahan tubuh.

"Pembesaran juga disertai gejala umum. Berat badan juga turun, dalam sebulan bisa mencapai 5%-10%," terangnya.

Karena itu, masyarakat diminta lebih peduli jika ada pembesaran kelenjar. Bahkan, dr Ari menganjurkan segera lakukan pemeriksaan apabila terdapat pembesaran atau benjolan di tubuh yang tak wajar.

"Harus mulai mengamati kalau ada pembesaran," tutupnya.

Kanker getah bening menjadi perhatian setelah presenter Olga dikabarkan menderitanya, dengan kondisi stadium 4. Kabar Olga menderita kanker getah bening atau limfoma tersiar lewat kabar berantai yang disampaikan psikolog Tika Bisono lewat pesan BlackBerry Messenger.

"Info dr relawan kanker RSPP Yanthi Razalie : Rekan2 Yth, Tolong bantu mendoakan OLGA SYAHPUTRA yang sedang terkena KANKER Getah Bening Stadium 4 sudah menyerang ke otak dan selama sebulan ini koma sesudah menjalani kemo di RS Mount Elizabeth Singapore. Semoga ALLAH memberikan Yang Terbaik untuk Olga Syahputra, dimudahkan jalannya, dilancarkan urusannya, diredakan sakitnya, diringankan bebannya, dan jika saatnya tiba bisa khusnul khotimah, aamiiin yra. Terima kasih Salam Tika Bisono," begitu bunyi BBM tersebut. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment