Thursday, June 12, 2014

Hindari Beli Pakaian Bayi Berwarna Terang

Hindari Beli Pakaian Bayi Berwarna TerangWARNA terang pada pakaian memang lebih menarik perhatian. Namun, tidak semestinya untuk pakaian bayi.

Orangtua akan senang membeli pakaian bayi dengan warna-warna terang. Menurut Kepala Bidang Pengujian, Sertifikasi, dan Kalibrasi Balai Besar Tekstil, Quri Siti Mirah DPS, para orangtua sebaiknya mewaspadai warna terang pada pakaian bayi. Hal tersebut erat kaitannya dengan zat warna berbahaya, seperti azo.

"Azo ini biasanya ada di zat warna. Biasanya ditemukan di pakaian yang warna terang," katanya usai talkshow ?Velvet Junior Health: Awas Musuh dalam Pakaian Bayi" di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Azo sendiri memiliki efek cukup berbahaya bagi bayi. Sebut saja karsinogen, yang bisa menyebabkan kanker jika zat tersebut terakumulasi.

Meski begitu, imbuh Wuri, pakaian bayi dengan warna pastel juga tidak menjaminnya bebas dari zat azo. Karenanya, para orangtua diminta lebih cermat dalam memilih pakaian bayi.

"Warna pastel sebenarnya ada (zat azo), tapi tidak sebanyak yang warna terang. Karena itu, sebetulnya harus tetap dilakukan tes laboratorium," tutup Quri. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment