Tuesday, June 17, 2014

Hanya dengan SMS, Kebiasaan Merokok Bisa Berhenti

Hanya dengan SMS, Kebiasaan Merokok Bisa BerhentiMENGHENTIKAN kebiasaan merokok tidaklah mudah. Namun, sebuah studi baru menyatakan jika kebiasaan tersebut bisa dihentikan melalui pesan singkat.

Hal inipun diungkapkan para peneliti Milken Institute School of Public Health di George Washington University. Dalam studi tersebut, para peneliti merekrut lebih dari 500 orang yang berpartisipasi dalam Text2quit, sebuah program yang didesain untuk mereka yang ingin berhenti merokok.

Dalam waktu enam bulan, peneliti menemukan bahwa banyak anggota yang tergabung dalam program tersebut bisa berhenti merokok. Angkanya mencapai 11 persen. Hal ini berbeda dibanding dengan menggunakan panduan manual yang hanya mencapai 5 persen.

Agar hasilnya lebih pasti, peneliti juga menganalisa contoh air liur perokok. Mereka meneliti apakah ada produk sampingan nikotin. Melalui penelitian tersebut, terbukti jika pesan singkat lebih efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok.

"Pesan singkat menjadi pengingat para perokok agar lebih fokus menghentikan kebiasan buruknya," kata Lorien C.Abroms, ScD, MA, salah satu peneliti George Washington University, dilansir Techtime, Selasa (17/6/2014).

Meski begitu, studi tersebut masih membutuhkan penelitian lanjutan, terutama terkait apakah program tersebut berjalan atau tidak. "Masih perlu studi lanjutan untuk memastikan hasilnya, apakah program tersebut bekerja atau tidak," imbuhnya.

Sementara itu, Text2Quit sendiri diketahui telah memiliki anggota lebih dari 75.000 orang. Melalui program tersebut, perokok akan dikirimi pesan berisi nasehat penting ataupun teknik bagaimana berhenti dari kebiasannya. Program tersebut juga menjadi semacam alarm yang mengingatkan tujuan mereka untuk berhenti merokok. (Baca: 24 Juni, Semua Merek Wajib Cantumkan Gambar Bahaya Merokok)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment