Friday, June 13, 2014

Gejala-Gejala Demam Berdarah Harus Diwaspadai

Gejala-Gejala Demam Berdarah Harus DiwaspadaiDEMAM berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Apalagi, demam berdarah di Indonesia tidak lagi menjadi penyakit musiman.

Penyakit yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypty ini bisa terjadi pada siapa saja. Mulai dari bayi, anak-anak, hingga dewasa.

Menurut situs resmi World health organization (WHO), seseorang bisa dinyatakan DBD jika panasnya sudah mencapai 40 derajat Celsius. Selain itu, gejalanya juga disertai pusing yang berlebihan, nyeri pada belakang mata, nyeri otot dan sendi, mual, muntah, serta terjadi pembengkakan kelenjar atau ruam. Gejala tersebut biasanya berlangsung selama 2-7 hari, setelah 4-10 hari masa inkubasi dari digigit nyamuk.

DBD berpotensi pada komplikasi akibat kebocoran plasma, akumulasi cairan, gangguan pernapasan, pendarahan parah, atau kerusakan organ. Peringatan berikutnya terjadi 3-7 hari setelah gejala pertama, biasanya ada penurunan temperatur hingga di bawah 38 derajat Celsius.

Pada masa itu, gejala yang menyertai adalah sakit perut parah, muntah terus menerus dan berdarah, napas cepat, gusi berdarah, kelelahan, dan gelisah. Pada 24-48 jam berikutnya, masa kritis akan terjadi. Saat itu, pengobatan yang tepat mutlak dibutuhkan untuk menghindari komplikasi dan risiko kematian. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment