Tuesday, June 17, 2014

Ganti Popok meski Bayi Tidak Buang Air

Ganti Popok meski Bayi Tidak Buang AirBAYI baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga rentan sekali terkena masalah kulit. Permasalahan tersebut biasanya adalah kerak di kepala, biang keringat, dan ruam popok.

Menurut spesialis tumbuh kembang anak, Dr dr Rini Sekartini Sp.A(K), keluhan para orangtua mengenai masalah kulit pada bayi adalah ruam popok. Masalah tersebut biasanya terjadi di daerah genital, perut, serta lipatan paha ke atas. Lalu, apa sebenarnya penyebab dari ruam popok?

"Semakin hari semakin banyak kejadian ruam popok karena memang penggunaan popok sekali pakai yang kurang tepat," katanya pada talkshow seputar perlindungan kulit bayi di Le Meridien Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (17/6/2014).

Lebih lanjut, meski bayi tidak buang air besar, popok tetap harus diganti. Bila tidak, ini bisa berpengaruh pada kesehatan kulit bayi.

"Oleh karena berpikir seperti itu, para orangtua kebanyakan tidak melihat kondisi popok yang dikenakan bayi mereka. Padahal, seharusnya kita harus selalu memerhatikan kebersihan daerah kulit yang tertutup oleh popok tersebut," simpulnya. (Baca: Gejala-Gejala Bayi Terkena Ruam Popok)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment