Tuesday, June 17, 2014

Durasi Tidur Ideal bagi Buah Hati

Durasi Tidur Ideal bagi Buah HatiKEBANYAKAN tidur dinilai bisa memengaruhi tumbuh kembang bayi dan anak. Ada durasi tidur ideal yang sebaiknya mereka dapatkan.

Tidak sedikit orangtua yang belum memahami waktu ideal tidur untuk anak. Menurut Dr dr Rini Sekartini Sp.A(K),  waktu istirahat untuk anak-anak cukup beragam. Untuk bayi usia tiga bulan pertama, waktu idealnya rata-rata 16 sampai 20 jam.

Namun, spesialis tumbuh kembang anak ini juga mengatakan bahwa ada bayi yang waktu tidurnya bisa 22 jam per hari. "Ada bayi yang istirahat sampai 22 jam. Jadi, bayi baru lahir bisa tidur-bangun tidur-bangun itu sepanjang hari, mungkin dia bisa tidur 20 atau 22 jam," katanya pada talkshow seputar perlindungan kulit bayi di Le Meridien Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (17/6/2014).

Meski begitu, Dr Rini mengatakan bahwa ketika usia bayi sudah semakin bertambah, durasi tidur akan berkurang dengan sendirinya, termasuk tidur siang. Sehingga ketika tidak mau tidur, imbuh Dr Rini, anak sebaiknya tidak dipaksa atau justru membuat mereka kurang aktif bergerak.

"Jadi, tidur siang masih diperbolehkan sampai usia empat tahun. Setelah usia empat tahun, anak tidak harus tidur siang," tutupnya. (Baca: Gejala-Gejala Bayi Terkena Ruam Popok)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment