Thursday, June 19, 2014

Duh, si Kecil Susah BAB

Duh, si Kecil Susah BABSEMBELIT atau susah buang air besar (BAB) tidak hanya menyerang orang dewasa. Masalah ini juga seringkali menyerang anak-anak rupanya.

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, terdapat perbedaan pada penyebab sembelit pada anak dan dewasa. Pada anak, sembelit biasanya karena pola makan kurang tepat. Sementara untuk dewasa, sembelit disebabkan karena berbagai faktor, seperti usia, kondisi hamil, kurang aktivitas, kurang asupan serat dan air, bahkan sampai faktor psikologi.

"Susah BAB pada anak lebih tergantung makanan. Jadi, saat hal itu terjadi, orangtua harus mengecek pola makannya, sudah cukupkah seratnya atau ataukah ASI-nya yang kurang. Cara untuk mendeteksi apakah anak mengalami gangguan BAB itu bisa dilihat dari feses (kotoran) yang keluar," katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Sembelit pada anak juga tidak bisa dibiarkan. Karenanya, dr Ari menambahkan jika orangtua lebih baik mulai memerhatikan makanan yang dikonsumsi anak agar terhindar dari sembelit.

"Berikan saja buah atau sayur-sayuran yang banyak seratnya, seperti pisang atau jeruk. Disajikan lewat jus juga bisa," pungkasnya. (Baca: Ternyata, wanita rentan sembelit)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment