Thursday, June 19, 2014

Dua Indikator Keberhasilan Pengobatan Olga

Dua Indikator Keberhasilan Pengobatan OlgaPRESENTER Olga Syahputra divonis kena kanker getah bening. Pasien kanker getah bening, seperti halnya Olga, bisa sembuh dengan berbagai pengobatan, seperti diungkapkan dr Walta Gautama, SpB(K)Onk dari Departemen Bedah Onkologi RS Kanker Dharmais.

Menurut dr Walta, pasien kanker getah bening bisa sembuh dengan melakukan berbagai pengobatan. Setidaknya, ada dua indikator keberhasilan pengobatannya.

"Keberhasilan pengobatan sangat tergantung jenis sel kanker kelenjar getah bening dan stadiumnya," katanya dalam surat elektronik yang diterima Okezone, baru-baru ini.

Secara umum, imbuh dr Walta, angka harapan hidup pasien kanker getah bening mencapai lebih dari 50% setelah lima tahun menjalani pengobatan. (Baca: Sederet faktor dekatkan Olga pada Kanker Getah Bening)

"Angka kesintasan (bertahan hidup-red) setelah lima tahun sekitar 69%," imbuhnya.

Namun, angka harapan hidup tersebut akan menurun jika pasien berusia di atas 60 tahun atau berada pada stadium lanjut. Angka tersebut juga bisa menurun karena sel kanker sudah menyebar ke berbagai organ.

"Prospek kesembuhan menjadi turun sampai 36% bila pasien usia berusia lebih dari 60 tahun, stadium 3 atau 4, dengan limfoma yang mengenai lebih dari satu organ, dan pasien dengan mobilitas yang rendah atau membutuhkan bantuan untuk kegiatan sehari-hari," terangnya.

Sementara itu, pengobatannya cukup beragam. Mulai dari kemoterapi hingga transplantasi sel.

"Kemoterapi, radiasi, imunoterapi (menggunakan antibodi buatan manusia untuk mematikan sel kanker-red), dan transplantasi sel punca atau stemcell transplant," tutupnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment