Wednesday, June 18, 2014

Dua Alasan Ibu Hamil Harus Jaga Kebersihan Kulit

Dua Alasan Ibu Hamil Harus Jaga Kebersihan KulitKULIT bayi baru lahir sangat sensitif karena kulit ari-arinya masih tipis sehingga rentan infeksi dan iritasi. Oleh karena itu, dalam memproteksi kulit bayi, seorang ibu juga harus menjaga kebersihan diri.

Menurut spesialis tumbuh kembang anak, Dr dr Rini Sekartini Sp.A(K), janin secara normal sudah kontak dengan bakteri di dalam tubuh ibu. Dr Rini menganjurkan kepada ibu hamil untuk menjaga kebersihan dan tidak boleh infeksi. Pasalnya, jalan lahir bisa menjadi tempat kontak bakteri dengan kulit bayi.

"Bayangkan kalau bayi lahir melalui tempat yang ada infeksi, maka bisa terkena pada kulit bayi. Jadi, pertama kali sebelum lahir kemungkinan sudah ada kontak dengan bakteri di jalan lahir," katanya pada talkshow seputar perlindungan kulit bayi di Le Meridien Hotel, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Pentingnya menjaga kebersihan kulit bagi seorang ibu adalah ketika melakukan inisiasi menyusui dini (IMD). Menurut Dr Rini, inilah bentuk kontak kedua kulit bayi dengan lingkungan luar.

"Jadi, diharapkan ketika IMD, kulit ibunya juga bersih, jangan sampai sudah ada koreng-koreng atau dermatitis. Oleh karena itu, ibu juga harus memerhatikan kebersihan kulitnya," tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment