Tuesday, June 3, 2014

Dikukus, Cara Terbaik Sajikan Ikan untuk si Kecil

Dikukus, Cara Terbaik Sajikan Ikan untuk si KecilIKAN kod, ikan tuna, dan ikan lamuru mengandung minyak ikan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Penting untuk turut memerhatikan metode mengolahnya, yang terbaik adalah dikukus.

Minyak ikan kaya asam omega-3 yang bisa membantu perkembangan otak, tulang, maupun penglihatan. Apakah cara terbaik dalam menyajikan ikan tersebut, digoreng atau dikukus?

"Pengolahan yang baik ialah dengan pemanasan minimal. Artinya, Anda bisa mendapatkannya dengan cara dikukus," kata Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, Pakar Gizi Medik FKUI dalam acara bertema "Kebutuhan Nutrisi dan Manfaat Cod Liver Oil (CLO)," di Tartine fX, fX Lifestyle X'enter, Senayan, Jakarta,  Selasa (3/6/2014).

Pasalnya, tambah dia, jika cara memasaknya ialah dengan digoreng atau bakar, kandungan minyak ikan di dalam ikannya akan hilang. Menurutnya, percuma bila ikan tuna digoreng jika yang dibutuhkan adalah minyak ikannya.

?Kalau ikannya digoreng, minyak ikannya pasti tidak ada lagi, hilang. Lebih baik dikukus atau dipepes, selain enak minyak ikannya juga masih ada," terangnya.

Adapun jika para orangtua merasa memiliki kocek lebih ataupun malas membuat pepes ikan, bisa juga memberikan suplemen minyak ikan agar anak tetap mendapatkan manfaat minyak ikan, pesan Dr Wati.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment