Tuesday, June 17, 2014

Deteksi Masalah Kesehatan Bayi lewat Kulitnya

Deteksi Masalah Kesehatan Bayi lewat KulitnyaKULIT merupakan organ yang paling luas dan menutupi hampir semua bagian tubuh. Karena itu, kulit menjadi salah satu organ yang sangat penting bagi manusia.
 
Fungsi dari kulit pun cukup beragam. Menurut Menurut Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak, Dr. dr. Rini Sekartini Sp.A(K), salah satu fungsi kulit pada manusia yang pertama adalah proteksi.
 
"Kulit juga berfungsi sebagai penyerapan yang bergantung pada ketebalannya. Misalnya, ada anak yang diolesi lotion tertentu tidak bermasalah, tetapi ada juga yang hanya diolesi lotion sedikit sudah merah-merah kulitnya," ujarnya pada talkshow seputar perlindungan kulit bayi di Le Meridien Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (17/6/2014). (Baca: Gejala Bayi Terkena Ruam Popok)
 
Lebih lanjut, Dr. Rini menjelaskan bahwa fungsi lain dari kulit adalah sebagai organ pengeluaran, yakni mengeluarkan keringat. Selain itu, menurut Dr. Rini, kulit juga berfungsi sebagai sensoring atau penginderaan, terutama melalui jari-jari tangan dan kaki.
 
"Kulit juga berfungsi sebagai penanda suhu tubuh. Misalnya anak sedang demam, kalau kita sentuh kulitnya pasti panas. Sedangkan kalau anak  sedang kedinginan, diraba saja kulitnya sudah terasa dingin," tutupnya.
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment