Sunday, June 8, 2014

Deretan Makan Bernutrisi untuk Janin di Awal Kehamilan

Deretan Makan Bernutrisi untuk Janin di Awal KehamilanTRIMESTER pertama kehamilan merupakan fase yang penting bagi tahap perkembangan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, butuh kehati-hatian dalam upaya pemenuhan gizi pada awal masa kehamilan ini.

Usahakan untuk mendapatkan asupan nutrisi yang tepat pada trimester pertama Anda. Saat kehamilan berusia 6-14 pekan, alangkah baiknya jika janin mendapatkan asupan kalsium. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulangnya.

Itu berarti bahwa Anda membutuhkan sederet asupan nutrisi ini selama trimester pertama, di antaranya:

Bayam
Bayam atau sinacia oleracea merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan kalsium dan zat besi. Pada fase ini, bayi yang tumbuh akan menyerapa darah ibu. Oleh karena itu, mengonsumsi bayam dapat memberikan dorongan untuk memproduksi lebih banyak darah sehingga dapat terjadi peningkatan volume darah untuk dialirkan ke rahim.

Almond
Kacang kenari atau almond kaya vitamin E, omega 3, asam lemak, dan protein. Selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit, kacang kenari juga bermanfaat membantu wanita hamil dalam mendapatkan dosis tambahan protein.

Ayam
Makanan hewani ini menjadi makanan paling aman untuk dikonsumsi, terutama untuk melawan morning sickness. Tak hanya itu, kaldu ayam baik untuk mencegah rasa mual. Zat besi di dalamnya juga dapat memertahankan tingkat hemoglobin wanita hamil.

Jeruk
Satu buah jeruk mengandung 53,2 mg vitamin C yang dapat melindungi Anda dari efek buruk yang ditimbulkan oksidasi, misalnya, asap rokok, asap kendaraan, bahkan paparan sinar ultraviolet matahari. Jika dikonsumasi wanita hamil, jeruk dapat membangun kekebalan sang ibu dalam melawan infeksi. Tak hanya itu, kandungan asam folat bekerja untuk mencegah bayi cacat lahir.

Brokoli
Ini merupakan salah satu makanan super karena khasiatnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh selain dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Bagi wanita hamil, brokoli berfungsi baik sebagai sumber yang kaya akan zat besi ini untuk membentuk sel-sel darah.

Telur
Makanan ini tepat jika dikonsumsi oleh wanita hamil karena telur mengandung protein, vitamin, dan kalsium. Telur bisa direbus, digoreng atau dihidangkan menjadi orak-arik sesuai selera.

Salmon
Wanita hamil disarankan untuk menghindari makanan laut, seperti udang dan kepiting, karena dapat memunculkan alergi. Akan tetapi, Anda boleh saja mengonsumsi salmon dalam jumlah yang moderat karena salmon mengandung tinggi kalsium, kaya omega-3, dan vitamin D. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment