Sunday, June 1, 2014

Cegah Lonjakan Tekanan Darah, Matikan Dering Ponsel!

Cegah Lonjakan Tekanan Darah, Matikan Dering Ponsel!PENYAKIT kronis, seperti jantung, stroke, gagal ginjal, dan demensia adalah beberapa di antara masalah kesehatan yang berhubungan dengan tekanan darah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Beberapa cara sederhana dapat dilakukan demi menjaga tekanan darah tetap terkendali. Namun, ada satu cara yang tidak terpikirkan sebelumnya, yakni mematikan dering ponsel.

Menurut penelitian dari Italia yang dipresentasikan pada pertemuan American Society of Hypertension 2013, dering ponsel dapat menyebabkan tekanan darah melonjak hingga tujuh poin. Para ahli menduga, gangguan tersebut berasal dari panggilan telepon yang bisa membuat beberapa orang terkejut dan gelisah.

Lalu, apa saja cara lain yang dapat membantu mengontrol tekanan darah? Berikut beberapa kiat sederhana untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali, sebagaimana dilansir Freep, Senin (2/6/2014).

Terpapar sinar matahari
Analisis dari 35 studi di Inggris menemukan, rendahnya kadar vitamin D disinyalir berperan meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bukan berarti harus rajin mengonsumsi suplemen, melainkan dari sinar matahari pagi. Bahkan, dalam Journal of Investigative Dermatology study disebutkan bahwa terpapar sinar ultraviolet (UV) selama 20 menit benar-benar membantu melancarkan aliran pembuluh darah, meningkatkan fungsi jantung, dan mengurangi tekanan darah tinggi dari asupan vitamin D.

Minum jus bit
Menurut sebuah studi di Australia pada 2012, minum jus bit sekira 17 ons atau sekira 502 ml dapat menurunkan lima poin tekanan darah hanya dalam enam jam. Para peneliti menduga, akar bit kaya nitrat yang berperan merileksasi pembuluh darah dan meningkatkan alirannya.

Mengonsumsi blueberry
Menurut penelitian University of Maine, mengudap blueberry membuat pembuluh darah lebih rileks dalam menghadapi tekanan. Para peneliti menduga, kandungan antioksidan dalam blueberry berperan menjaga tekanan darah menjadi sehat. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment