Wednesday, June 18, 2014

Cegah Kekambuhan, Pasien Depresi Minum Obat Seumur Hidup

Cegah Kekambuhan, Pasien Depresi Minum Obat Seumur HidupGANGGUAN otak bisa menyebabkan seseorang terkena bipolar kalau ditandai dengan perubahan mood, pikiran dan perilaku. Penderita gangguan ini akan mengalami penurunan mood drastis dari episode manik dan episode depresi selama periode tertentu. Oleh karena periode episode manik dan depresi yang tidak menentu, apakah pasien bipolar harus minum obat jangka panjang?

Wakil Ketua Seksi Bipolar dan Gangguan Mood lainnya Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), Dr dr Nurmiati Amir, SpKJ (K), mengatakan bahwa pasien gangguan bipolar harus mengonsumsi obat seumur hidup. Menurutnya, obat yang dikonsumsi seumur hidup oleh pasien bipolar bertujuan mencegah kekambuhan.

?Jadi, saya punya pasien bipolar dari usia muda sampai sekarang usia 60 tahun masih mengonsumsi obat dan menjadi terkontrol karena kalau tidak memakai obat, kekambuhan itu akan terjadi,? katanya pada seminar media bertema "Meningkatkan Kepedulian terhadap Gangguan Bipolar dalam Kaitannya dengan Pemakaian NAPZA" di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/6/2014).

Selain itu, Dr Nurmiati mengatakan bahwa obat yang dikonsumsi pasien bipolar berfungsi untuk melindungi mereka dari tekanan. Bahkan, pada beberapa kasus pasien bipolar yang ditangani Dr Nurmiati, meskipun minum obat ternyata ketika ada tekanan yang sangat kuat masih bisa kambuh.

?Jadi, begitu kuatnya tressor obat tersebut tidak bisa memback up, apalagi kalau tidak minum obat. Jadi, salah satu guna obat adalah untuk back up tressor itu, sehingga diharuskan untuk minum obat selamanya,? tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment