Tuesday, June 3, 2014

Cegah Kanker Payudara, Jangan Lupa ''Sadari'' Tiap Bulan

Cegah Kanker Payudara, Jangan Lupa KANKER payudara adalah penyakit akibat sel ganas yang tumbuh pada jaringan payudara. Rumus ?Sadari? menjadi trik cerdas menyadari kehadirannya.

Penyakit kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk kalangan pria tanpa memandang usia, status ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. Oleh karena itu, menurut spesialis bedah konsultan payudara RS Mitra Kemayoran, Dr Alfiah Amiruddin MD, MS, sangat penting melakukan deteksi dini dan perawatan kesehatan payudara secara menyeluruh agar terhindar darinya.

Salah satu cara mendeteksi dini gejala-gejala kanker payudara secara sederhana adalah dengan teknik ?Sadari? (periksa payudara sendiri). ?Bisa dengan memeriksa payudara secara mandiri setiap bulan, yakni seminggu sesudah kita bersih dari haid Anda disarankan memerika payudara sendiri,? katanya pada media workshop "Perawatan Menyeluruh Seputar Kesehatan Payudara" di RS Mitra Kemayoran, Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Namun, masih banyak masyarakat belum memahami manfaat deteksi dini secara rutin, termasuk dengan ?Sadari?. Dr Alfiah menegaskan bahwa sebetulnya deteksi dini bisa juga dengan mammografi dan ultrasonografi.

Menurutnya, penderita kanker payudara di Indonesia jauh lebih muda dibandingkan negara-negara tetangga. Jadi, mereka yang terkena kanker payudara di negeri ini rata-rata lebih muda dibandingkan dengan umur pasien yang di luar negeri.

?Mengapa? Tidak ada yang bisa menerangkan itu, apakah karena pola hidup atau pola makan karena belum ada studi yang membuktikannya,? tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment