Tuesday, June 10, 2014

Boleh Beli Makanan Pinggir Jalan saat Cuaca Ekstrem, Asalkan...

Boleh Beli Makanan Pinggir Jalan saat Cuaca Ekstrem, Asalkan...SAAT menghadapi cuaca ekstrem, mengonsumsi makanan sembarangan sering membuat seseorang terserang  penyakit. Oleh karenanya, penting untuk selektif dan menghindari makanan yang mendekatkan diri pada risiko penyakit tersebut.

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Konsultan Gastroenterologi dari FKUI, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat cuaca ekstrem datang. Pertama ialah makanan yang tidak segar, saat dibeli di jalanan atau rumah makan sekalipun.

"Sebaiknya jangan dulu mengonsumsi makanan di jalanan, misalnya seafood. Kenapa? Seafood membutuhkan es agar terus fresh, sedangkan kalau kondisi cuaca sedang panas sekali kan bakal membuat es meleleh. Kalau sudah begitu, pasti akan memengaruhi kualitas seafood dan mendatangkan bakteri. Kita mana tahu apakah seafood yang dimasak itu fresh atau tidak?," ungkapnya saat diwawancarai Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini.

Jika memang seseorang terpaksa atau tetap ingin mengonsumsi seafood olahan pinggir jalan, pastikan bahan yang digunakannya masih segar, pesan dr Ari.

Makanan tercemar juga sebaiknya dihindari. Biasanya, makanan tercemar banyak diperjualbelikan di pinggir jalan, seperti goreng-gorengan.

"Pertimbangannya apa kalau makanan tercemar? Ya, yang cara menjualnya terbuka, yang secara kasat mata debu mudah masuk atau menempel di makanan yang dijajakannya. Kemudian, makanan tanpa dibungkus, banyak lalat mondar-mandir dan menempel ataupun makanan tidak terbungkus rapi," pungkasnya.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment