Friday, June 6, 2014

Bila Ingin Umroh bersama si Kecil, Tanpa Risiko MERS

Bila Ingin Umroh bersama si Kecil, Tanpa Risiko MERSSAMPAI saat ini, belum ada vaksin ataupun obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Bila Anda berencana mengajak si kecil beribadah umroh ke Tanah Suci, ketahui dulu beberapa tipnya.

Anda dapat mencegah penyakit MERS CoV dengan menjaga kebersihan dan kesehatan sehingga Anda atau si kecil tidak terjangkit. Pemberian imunisasi lengkap terhadap si kecil, setidaknya dapat sebagai pertahanan awal terhadap berbagai penyakit.

Jika Anda berencana mengajak si kecil umroh atau melakukan perjalanan ke Arab Saudi atau ke daerah Timur Tengah lainnya, sebaiknya perhatikan tip berikut, seperti dipaparkan dr Darmawan Budi Setyanto, SpA (K) dari Departemen Ke sehatan Anak FKUI/RSCM Jakarta:
- Cek kesehatan anak, pastikan si kecil dalam kondisi sehat.
- Pastikan Anda sekeluarga sudah mendapatkan vaksin influenza dan vaksin pneumonia. Vaksin ini dapat mengurangi risiko tertular MERS-CoV, sebab MERS-CoV akan lebih mudah menular jika Anda terserang flu.
- Untuk makanan si kecil sebaiknya membawa makanan dari rumah yang terjamin kebersihan dan bebas dari kuman daripada harus mengonsumsi makanan disana yang belum terjamin keamanan dan kebersihannya, bebas atau tidak dari virus.

Beberapa fakta terkait MERS yang perlu Anda ketahui:

Mayoritas di Arab Saudi
Seperti namanya, kasus terbesar MERS berada di daerah Arab Saudi sebagai daerah penularan pertama. Mereka yang berada di luar daerah ini umumnya terpapar setelah mengunjungi daerah tersebut (umroh atau bekerja sebagai TKI).

Banyak menyerang lansia
Walau rentang penularan virus ini mulai dari usia 14 bulan hingga 94 tahun tetapi rata-rata umur pasien a dalah 52 tahun dan berjenis kelamin laki-laki.

Pemicunya adalah Virus Korona
Sindrom ini dapat terjadi karena dipicu oleh virus korona (corona virus) sehingga disebut juga MERS-CoV. Virus ini berasal dari genus yang sama dengan virus yang memicu sindrom pernapasan akut parah (severe acute respiratory syndrome/SARS). Virus korona, penyebab penyakit ini, menular antar manusia melalui kontak dekat dan juga diketahui menyebar di antara hewan.

Gejala mirip flu
Gejalanya penyakit ini mirip dengan gejala flu yaitu demam, batuk dan sesak napas bahkan menimbulkan komplikasi berupa radang paru dan gagal ginjal.

Berasal dari unta muda
Sumber utama MERS memang masih belum diketahui, tetapi diduga penyakit ini berasal dari unta. Hal ini karena unta muda diketahui memiliki virus aktif MERS-CoV yang dapat ditularkan pada manusia. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment